Resep Peyek Teri Tanpa Santan

Peyek teri adalah makanan yang pasti sudah kita kenal dan akrab banget sama orang indonesia. Makanan ini sederhana memang namun rasanya luar biasa. Makanan ini biasanya itu jadi pelengkap kaya kerupuk , biasanya jadi pelengkap saat menyantap nasi pecel, soto atau yang lainnya. Kadang juga dimakan sebagai lauk utama saat makan nasi putih. rasanya itu asin dan gurih sekali.

peyek teri

Makanan ini sudah ada sejak zaman dulu kala, pas nenek kita pada masih kecil, makanna ini sudah jadi lauk favorit dan biasa dimakan sehari-hari. Teri sendiri adalah ikan yang ukurannya itu sangat kecil, namun menyimpang protein serta kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Peyek teri punya bentuk yang tipis dan pipih macam kerupuk atau rempeyek dan lain-lain yang sejenisnya.

Membuat makanan ini cukup mudah saja, apalagi memang makanan ini simple dan berbau tradisional. Bahannya sendiri sangat sedikit dan juga bahannya mudah untuk didapatkan. Peyek teri bisa denan mudah dibuat sendiri dirumah dan tak perlu beli diwarung. Biar hasilnya nanti enak kalau buat sendiri, berikut resep peyek teri tanpa santan khusus buat kalian semua. Silahkan dicoba saja dan semoa hasilnya sesuai dengan keinginan kalian semua.

Bahan-bahan

1 kilogram tepung beras
6 sendok makan tepung sagu
4 butir telur ayam
sedikit daun jeruk tanpa tulang iris tipis
secukupnya ikan teri
secukupnya minyak goreng
2 sendok teh garam dapur
2 sendok teh masako
secukupnya air (boleh air es)
bumbu halus :
11 siung bawang putih
5 butir kemiri
3 sdt ketumbar
3 cm kencur

Cara membuat peyek teri tanpa santan yakni:
1. Kocoklah telur, kemudian masukkan semua tepung dan tambahkanlah garam dapur, masako daun jeruk dan juga bumbu halus. Tambahkanlah sedikit demi sedikit air bersih sampai adonan pas yakni tidak terlalu encer dan tak terlalu kental.
2. Panaskanlah minyak goreng secukupnya. Pastikan jika sudah panas, kemudian ambillah 1 sendok sayur adonan lalu tuang teri di pinggiran wajan panas. Goreng terus hingga nantinya terlepas sendiri dan setengah matang. Jika jadi lengket teruskan saja nanti lama kelamaan tidak. Atau kalian bisa menyiramnya dengan minyak goreng panas.
3. Goreng terus peyek teri yang setengah matang hingga matang. Selamat mencoba kawan.

Post a comment

Private comment

Comment is pending approval.

Comment is pending administrator's approval.